Sabtu, 28 Februari 2009

White Gold

Salah! ternyata saya salah selama ini… Dan, informasi yang saya dapatkan ternyata juga gak akurat 100%. Kalau katanya, emas putih itu halal bagi pria karena emas putih itu adalah platina. Jadi, gak masalah kl pria memakai cincin dari emas putih.

Dan informasi itu tetep saya simpan di memory. Takut diboongi kualitas dan harga, akhirnya kami rela dan nekatin diri untuk membeli cincin di toko besar yang sudah punya nama, meskipun harganya suangat mahal *saking mahalnya*. Dengan asumsi, its real platina. Dan bodohnya, kami tidak mengkonfirmasikan lagi hal itu. *bodoh bodoh bodoh sambil jedotin kpala ke tembok*.

Jadi kemana aja sayah slama ini? membiarkan maskuw mengambil dan meletakkan bara api neraka ke tangannya1]. Ya Rob, ampunilah kami yang bodoh ini…:(

Ternyata, ada 2 istilah ‘emas putih’ yang ada di masyarakat:

  1. emas putih a.k.a platina. Disebut emas putih dikarenakan harga platina murni ini sangat mahal, lebih mahal dibandingkan dengan emas kuning. Dan sangat jarang ada toko yang menjual perhiasan dari platina ini, karena harga sangat mahal sehingga peminatnyapun jarang.
  2. emas putih yang bercampur dengan emas kuning dan logam lainnya. Emas putih jenis inilah yang banyak dipasaran. karena harganya jauh lebih murah dibandingkan platina, meskipun memang lebih mahal dibandingkan dengan harga emas kuning. Emas putih jenis ini, mengandung sedikitnya 65% emas kuning *see…..* dan sisanya barulah campuran dari platina/palladium, nikel dan seng.


Menurut informasi, hal ini sudah pernah ditayangkan di acara Halal Haram MUI *kl gak salah di MetroTV*. Dan secara langsung saya juga mengkonfirmasikan hal ini ke toko emas tempat saya membeli cincin tercinta, dan mereka memastikan bahwa emas putih yang ada di pasaran, adalah emas putih yang berbahan dasar emas kuning.

Yah, sekedar sharing…. mungkin ada yang punya ilmu lebih dari apa yang saya miliki…monggo dishare…. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar