Sabtu, 28 Februari 2009

PERHIASAN EMAS PUTIH PLG

Apa itu PLG?

PLG hasil temuan dari Bapak Heru Budihartono ini adalah bahan untuk membuat perhiasan yang terdiri dari campuran logam-logam Platinum Group Metal + Emas + logam logam lain, diproses dengan teknologi tinggi yang sudah dimiliki oleh PT. HWT sehingga menghasilkan perhiasan-perhiasan yang memenuhi standar kualitas setara dengan Perhiasan Emas Putih / White Gold yang ada pada saat ini, bahkan ada keunggulan dari warna dasar / natural putih mengkilap dan sama sekali tidak ada warna kekuning-kuningan, dan model-model perhiasan PLG sama komplitnya dengan perhiasan White Gold.

Untuk campuran logam pada PLG sangat diperhatikan Komposisinya, karena untuk menjaga agar tidak berubah warna kekuning-kuningan harus diimbangi dengan pemakaian logam emas yang tidak terlalu banyak. Juga diimabangi dengan logam-logam lain yang tidak mudah tergores namun tidak menggunakan unsur logam Nikel. Dan juga mengimbangi pemakaian logam Palladium yang tidak terlalu berlebihan agar warna tetap mengkilap dan warna tidak menjadi keabu-abuan.

Platinum Grup Metal adalah kelompok Logam Mulia dengan karakteristik serupa Platinum atau Platina, umumnya kumpulan logam-logam tersebut adalah : Palladium, Rhodium, Ruthernium, Osmium, Iridium.

Kadar emas di dalam PLG tidak dapat dinilai seperti kadar perhiasan emas pada umumnya, karena perhiasan emas bahan dasarnya adalah emas murni dan dicampur alloy/campuran logam lainnya sehingga kadar emasnya bisa diukur dengan satuan kadar. Sedangkan PLG adalah salah satu kesatuan Campuran logam-logam PGM dan emas, sehingga tidak dapat dinilai dengan kadar. Namun PT. Hartono Wira tanik menjamin kepada seluruh Wholesaler, retailer dengan sertifikat nilai tukar kembali senilai 30 % Harga emas.

Keunggulan dari Emas Putih PLG adalah
1. Warna dasar / Natural putih mengkilat, tidak berubah warna menjadi kekuning-kuningan maupun kehitam-hitaman.
2. Kualitas setara dengan White Gold dan Model perhiasan PLG sama komplitnya dengan perhiasan White Gold.
3. Harga hanya 50% dari perhiasan White Gold (emas 18 K )
4. PLG dapat diperjual belikan seperti layaknya perhiasan lainnya, dan bisa dijadikan sebagai jaminan Gadai.
5. PLG sudah didaftarkan Merk dagang dan HAKI nya.

Bagaimana Menguji Keaslian PLG?

Sebuah Barang yang berharga tentunya riskan terhadap pemalsuan, dibawah ini kami jelaskan petunjuk pengujian produk PLG dari PT. hartono Wira Tanik sebagai berikut:

1. Penelitihan pada fisik produk PLG, yang secara kasat mata dapat dilihat dengan jelas, atau bisa juga menggunakan kaca pembesar, dengan meneliti pada sisi badan perhiasan atau sambungan perhiasan yang berupa ring, kokot, plat, lobster atau bagian pengait perhiasan tertulis / ada cap PLG HWT atau HWT PLG.
Jadi jika Produk PLG tidak ada tanda bertuliskan PLG HWT atau HWT PLG berarti itu produk palsu dan bukan milik PT. Hartono Wira Tanik.

2. Berat Jenis (BJ) dari perhiasan Emas Putih Solid adalah 14,39 gr/cc, untuk Perhiasan Perak adalah 10,5 gr/cc sedangkan untuk PLG sekitar 11,12 gram/cc.

3. Menggunakan cara pengujian tradisional, yaitu dengan menggunakan batu cicilia Hitam, air keras (Nitrat) dan air keras emas (HCL). Cara ini adalah cara tradisional yang cukup akurat dan sampai saat ini walaupun banyak alat-alat uji yang canggih tetap saja cara tradisional ini masih dipakai. cara Pengujian ini adalah dengan cara menggosokan Produksi PLG pada batu cicilia (batu uji) sehingga membentuk garis-garis putih pada permukaan batu, lalu gosokan tersebut ditetesi air keras perak/nitrat, maka garis akan hilang dan cenderung menjadi hitam seperti terbakar, setelah itu diteteskan air keras emas/HCL pada bekas tetesan air keras Nitrat tadi, lalu cairan tersebut ditarik kebawah, maka akan terjadi reaksi pada cairan tersebut, yaitu mengeluarkan serbuk berwarna kuning, hal tersebut menunjukan bahwa produk PLG ada emasnya.

Hal yang paling mengkhawatirkan adalah pemalsuan produk PLG dengan menggunakan bahan dari Perak atau jenis logam lainnya. Tapi jika bukan produk PLG dan dilakukan cara pengujian yang sama seperti diatas akan menjadi reaksi-reaksi yang berbeda, yaitu jika dari bahan dasar perak, warna serbuk yang dikeluarkan pada cairan tersebut adalah berwarna putih.
(wiryo-disarikan dari Buku Panduan Produk Emas Putih PLG)

1 komentar:

  1. Jual belinya bisa dimana aja? Apa bisa ditoko emas manapun? Atau cuma di toko emas PLG?

    www.dzling.com

    BalasHapus